Candlelabra’s Blog
Just another WordPress.com weblog

Bentuk – bentuk Perusahaan

1. Perusahaan Perseorangan

Usaha ini di miliki, dikelola, dan dipimpin oleh seorang yang bertanggung jawab penuh terhadap semua resiko dan aktivitas perusahaan. Dalam hal ijin usaha secara relatif dapat dikatakan lebih ringan dan lebih sederhana persyaratannya dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Pemisahan modal dari kekayaan pribadi pada perusahaan perseorangan dalam likuidasi tidak ada artinya , sebab semua harta kekayaan menjadi jaminan dari semua utang perusahaan.

2. Firma (Fa)

Firma merupakan persekutuan antara dua orang atau lebih dengan nama bersama untuk menjalankan usaha, dimana tanggung jawab masing-masing anggota firma. Firma tidak terbatas, sedangkan laba yang akan diperoleh dari usaha teresbut akan dibagi bersama-sama, demikian pula jika menderita kerugian akan dipikul bersama.

3. Perseroan Komanditer (CV)

Perseroan komanditer atau disebut Commanditaire Vennootschaap (CV) , dinyatakan menurut pasal 19 KUHD, ialah suatu bentuk perjanjian kerjasama untuk berusaha bersama antara orang – orang yang bersedia memimpin, mengatur perusahaan, serta bertanggung jawab penuh terhadap kekayaan pribadinya, dengan orang – orang yang memberi pinjaman dan tidak bersedia memimpin perusahaan serta bertanggung jawab terbatas pada kekayaan yang diikut sertakan dalam perusahaan itu.

4. Perseroan terbatas

Perseroan terbatas atau sering disebut denfan Naamloze Vennootschap (NV), adalah suatu persekutuan untuk menjalankan perusahaan yang mempunyai modal usaha yang terbagi dalam beberapa saham, dimana tiap sekutu/persero turut mengambil bagian sebanyak satu atau lebih saham. Disini para pemegang saham bertanggung jawab terbatas terhadap hutang-hutang perusahaan sebesar modal yang disetorkan. Kekayaan PT terpisah dari kekayaan masing-masing pemegang saham. Kepada para pemegang saham hanya dibayarkan dividen jika PT mendapatkan laba. Untuk mendirikan suatu PT diperlukan adanya Akte Notaris yang memuat antara lain : Nama PT, Modal PT dan sebagainya.

5. Perseroan Terbatas Nergara (Persero)

Persero ini sebelumnya adalah Perusahaan Negara (PN). Terjadinya karena PN mengadakan penambahan modal yang ditawarkan kepada pihak swasta. Contoh : PT (Persero) Pupuk kujang, PT (Persero) Aneka Gas dan Industri. Tujuan perseri yaitu mencari laba maksimum dengan menggunakan faktor-faktor produksi secara efisien.

6. Perusahaan Negara Umum (PERRUM)

Tujuan dari PERRUM juga mencari keuntungan, tetapi kesejahteraann masyarakat tidak boleh diabaikan. PERRUM diatur dalam intruksi presiden RI no. 17 tanggal 28 Desember 1967, yang menyatakan bahwa kegiatan usaha dalam PERUM terutama ditujukkan untuk melayani kepentingan umum, bidang usahanya biasanya jasa-jasa vital (Public Utilities). Pihak swasta diperbolehkan menanamkan modalnya pada PERUM meskipun seluruh modal PERUM dimiliki oleh permerintah. PERUM dipimpin oleh suatu direksi yang bertanggung jawab atas segala hubungan hukum dengan pihak lain dan diatur menurut hukum perdata.

7. Perusahaan Negara Jawatan (PERJAN)

Kegiatan usaha PERJAN ditujukan terutama untuk pelayanan kepada masyarakat atau untuk kesejahteraan umum (Public Service) dengan memperhatikan pula segi efisiensinya. PERJAN dapat memiliki fasilitas-fasilitas negara, sebab merupakan bagian dari Departemen/Direktorat Jenderal. Seluruh karyawannya berstatus pegawai Negeri. PERJAN mempunyai hubungan hukum publik, yaitu apabila terjadi persengketaan maka PERJAN berkedudukan sebagai pemerintah.

8. Perusahaan Daerah (PD)

Perusahaan daerah adalah perusahaan yang modal/sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Daerah, dimana kekayaan perusahaan dipisahkan dari kekayaan negara. Tujuan Perusahaan Daerah ini mencari keuntungan yang nantinya akan digunakan untuk membangun daerahnya. Kepengurusan PD tidak lagi dilakukan oleh Badan Pimpinan Perusahaan-Perusahaan Daerah (BAPIPDA), tetapi diserahkan kepada Gubernur/Kepala Daerah. Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan Dalam Negeri No. 18/1969

Belum Ada Tanggapan to “Bentuk – bentuk Perusahaan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: