Candlelabra’s Blog
Just another WordPress.com weblog

Riwayat Hidup Karl Mark Biografi

Karl Mark lahir pada tahun 1818 di kota Thier, di perbatasan Jerman yang pada waktu itu adalah Prussia. Ayahnya seorang pengacara yahudi namun Ayahnya beberapa tahun kemudian berpindah agama menjadi Kristen Protestan. Padahal kota Thier seluruhnya Katholik, Kemungkinan hal tersebut dilakukan agar dia dapat menjadi pegawau negeri, tepatnya Notaris di Prussia yang berhaluan Prostetan. Ibu Mark menyusul berpindah agama 8 tahun kemudian. Begitu mudah Ayah Karl Mark berpindah agama itu sebabnya KarlMark begitu tidak meminati agama.


Sesudah lulus dari Gymnasium di Thier ayahnya menyuruh Kark studi hukum, agar anaknya dapat mengikuti kariernya sebagai notaris. Namun Karl sendiri tidak berminat dia lebih memilih menjadi penyair, Itu sebabnya selama di Bonn dia hanya menghabiskan kiriman uang ayahnya,Kemudian tanpa menunggu ijin ayahnya Karl Pindah ke Berlin dan mulai belajar filsafat.


Situasi politik di Prussia pada wakut itu semakin reaksioner , undang-undang dasar sesudah Napoleon menjadikan banyak kebebasan di hapuskan, pers dibatasi, guru-guru besar di Universitas di awasi dengan ketat, dan kalau terlalu liberial ditahan.


Waktu Mark di Berlin “filsafat” diberlin sama artinya dengan filsafat Hegel yang baru beberapa tahun meninggal, Hegel menjadi profesor di Berlin dari yahun 1818 sampai wafatnya tahun 1831, Ia termasyur karena filsafat politiknya, yang menempatkan rasionalitas sebagai nilai tertinggi.

Di Berlin pada waktu itu terdapat sebuah kelompok orang intelek muda yang kritis dan radikal yang menamakan diri Klub para Doktor. Meskipun baru semester 2 mark masuk dalam golongan itu dan menjadi anggota yang paling radikal.¬† Kelompok itu memakai filsafat Hegel sebagai alat kritik untuk kelolotan negara Prussia. Karena itu mereka disebut “Kaum Hegelian Muda”. Berdasarkan interprestasi Hegel itu Klub Doktor tidak hanya mengkritik antibelarisme negara tapi juga menentang pengaruh agama (protestan) di Prussia.


Pada tahun 1841 Mark dipromosikan menjadi Doktor filsafat oleh Universitas Jena berdasarkan sebuah Disertasi tentang filsafat Demokritos dan Epiquros. Ia amat sangat terkesan oleh Hegel, yang dicita-citakannya adalah Kemerdekaan dan agar kemerdekaan diwujudkan secara nyata, filsafat harus menjadi kekuatan praktis dan revisoner.


Setelah lulus promosi, Mark pindah ke Koln dan menjadi pemimpin redaksi harian Die Reisnische Zitung, sebuah koran liberial-progresif. Karena mendapatkan kesulitan terus menerus dari sensor pemerintah Prussia, Mark terpaksa melepaskan jabatannya tahun 1843 (namun koranya tetap dilarang) dan pindah ke Paris. Ia menikah dengan Jenni Von whespallen putri seorang bangsawan.


Karl Mark telah membaca karya utama Ludwiq Feurbach The Essense of Chirtianity, dimana filsafat Feurbach mempengaruhi pikiran Mark secara mendalam. Feurbach dirasakan membuka matanya mengapa Hegel tidak turun dari dataran murni teoretis. Filsafat Hegel sendiri adalah ungkapan suatu keterasingan manusia dari dirinya sendiri.


Di Paris Karl Mark bertemu dengan tokoh-tokoh sosialis baik Perancis seperti Prodoun maupun pelarian dari Jerman. Ia bertemu dengan fredrich Engels yang menjadi teman karipnya selama hidupnya.


Pada permulaan tahun 1845, Mark terpaksa sudah meninggalkan paris dan pindah ke Brussel karena ia diusir oleh pemerintah perancis karena permintaan pemerintah Prussia. 3 tahun kemudian pada awal Revolusi yang menyapu Eropa selama tahun 1848, Mark dengan keluarganya diusir dari Belgia dan pindah ke London dimana ia akan tinggal samapai akhir hidupnya.


Pada tahun 1938 di Moskow diterbitkan sebuah buku setebal 1000 halaman dengan judul  Grundrisse (Feundations of the critique of Polical Economy). Grunduisse sekiranya ditulis oleh Mark pada tahun 1858 dan cukup menarik karena pandangan-pandangannya , misalnay tentang otomatisasi, yang tidak sesuai dengan nilai lebih Mark sendiri kemudian tidak muncul lagi. Pada tahun 1859 terbitlah buku A Contribution of The crituque of Political economy) yang sekarang dibaca karena prakatanya rumusan paling ringkas dan jelas tentang materilias sejarah.


Akhirnya pada tahun 1867 terbitlah buku pertama dari karya utama Mark yang dimaksudkan untuk membuktikan kebenaran ramalan tentang kehancuran kapitalisme dan keniscayaan sosialisme. Meskipun Das kapital mengecewakan banyak teman Mark dianggap terlalu kering dan tidak jelas makdusnya, namum Mark semakin dikenal dikalangan para pemimpin gerakan buruh eropa.


Pada tahun 1864 wakil-wakil berbagai partai buruh nasional telah mendirikan asosiasi Buruh Nasional, Pertama Mark turut di dewan pimpinan. Karl Mark kurang beruntung dalam kehidupan pribadinya, Walaupun kehidupan keluarganya dengan istrinya cukup bahagia, namun mereka terus-menerus didera kemelaratan, bahkan sering kurang makan. Salah satu anaknya mati karena kurang makan dan isterinya sering bereaksi histeris. Mark tidak memiliki pendapatan yang tetap dan tidak tahu bagaimana berurusan dengan uang. Hanya karena kiriman dari Engels (yang memili pabrik di tekstil di Manchester) mereka dapat bertahan.


Apalagi Mark suka bersikap otoriter dan suka menyinggung perasaan orang lain, terutama rekan-rekan sosialisnya. Siapa yang tidak tunduk pada kepemimpinan teroretisnya akan diserang dengan gaya menghina. Karena itu hubungan dengan semua temanseperjuangannya ambruk. Hanya persahabatan dengan Engels dia tetap bertahan. sejak tahun 1860 Engels mampu menyediakan kiriman uang bulanan tetap bagi Mark. Sehingga selama 29 tahun terakhir keluarga Mark relatif terbebas dari kesulitan ekonomi. Tahun-tahun terakhirnya

Belum Ada Tanggapan to “Riwayat Hidup Karl Mark Biografi”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: