Candlelabra’s Blog
Just another WordPress.com weblog

Structur Conduct Performance (SCP)

Struktur

Struktur pasar menunjukkan karakteristik pasar seperti jumlah pembeli dan penjual, kedaan produk perbedaan corak produk (produk differentiation), difersifikasi produk, hambatan masuk.

Struktur pada pasar persaingan sempurna ditandai dengan adanya sejumlah besat pembeli dan penjual dan memiliki kekuatan yang relatif sama. Harga dan output menurut mekanisme pasar. sedangkan monopoli jumlah penjual relatif tunggal. Keadaan pasar dikendalikan oleh monopolis.

Perbedaan Corak Produk (Product Differentiation)

memberikan keleluasan pada produsen guna mengatur strategi pasar. Produk yang unique biasanya cenderung digemari kelompok konsumen tertentu. Melalui keunggulan produk produsen industri memiliki kekuatan dalam mengendalikan pasar sehingga menjadi monopolis diwilayah pasarnya sendiri. Sedangkan barang homogen memiliki lebih banyak barang subtitusi bagi konsumen.

Hambatan Masuk (Entry and Exit Conditions)

Produsen yang efisien dalam berproduksi pada dasarnya memiliki kekuatan alamiah guna merintangi pesaing masuk ke pasar. Produsen yang mapan (established firm) dapat menentukan tingkat harga dan output. Perusahaan baru sering memerlukan perlindungan khusus dan umumnya tidak efisien.

Perilaku (Conduct)

Kolusi (Collusion)

Perilaku kolusi umum terdapat pada pasar oligopoli. Meskipun demikian perilaku kolusi dapat terjadi pada pasar monopoli. Setiap pesaing pada pasar berstruktur oligopoli menghadapi 2 pilihan berkolusi secara formal atau indormal. Kolusi formal ditandai dengan perjanjian-perjanjian yang bersifat mengikat. contoh OPEC. Kolusi Informal (Tacit Colluction) yaitu setiap anggota tidak mengenal langsung. Mereka tidak pernah melakukan perjanjian tertulis guna menguasai pasar. Mereka bersekutu secara diam-diam guna menciptakan sutuasi aman bagi anggota.

Kebijakan Harga (Pricing Policy)

Pada struktur oligopoli sangat peka terhadap kebijakan harga pesaing terkadang mamacu perang harga. Semakin kuat suatu struktur perusahaan semakin mudah dalam menentukan harga. Terutama dalam pasar monopoly.

Penelitian dan Pengembangan (Reseacrh and Development)

Penelitian dan Pengembangan Produk, Iklan, merupakan persaingan non harga antar perusahaan.

Merger

Horizontal Merger kerjasama antar perusahaan dengan menggunakan sumber daya yang sama. Vertical Merger situasi dimana 2 perusahaa  menggunakan sumberdaya yang berbeda tetapi masih dalam proses produksi yang sama misalnya antara perusahaan kayu dengan kertas.Conglomerate Merger 2 perusahaan atau lebih bergabung  didalam industri yang tidak berhubungan.

Kinerja (Performance)

Kinerja merupakan hasil dari tindakan pesaing yang menjalankan dengan berbagai strategi guna bersaing dan menguasai keadaan pasar.

Keuntungan (profitability)

disetiap struktur industri pasar yang berbeda-beda terdapat corak perbedaan keuntungan. Pada pasar persaingan sempurna keuntungan yang diterima setiap pesaing merupakan keuntungan normal (normal Profit). Pada industri monopoli produsen memproduksi dengan tingkat harga melebihi biaya rata-rata sehingga mendapatkan keuntungan extra profit.

Perkembangan Teknologi (Tecnological Progress)

adalah akibat dari Penelitian dan Pengembangan. Dalam jangka panjang perusahaan dengan mengembangkan teknologi akan menghasilkan produk secara lebih efisien.

Productif dan allokatif effisiensi

Produktif efisiensi berkenaan dengan pengembangan perusahaan mencapai teknologi feasible maksimum output dengan menggunakan kombinasi input yang efektif.

Interaksi Struktur Pasar-Perilaku-Kinerja

Ketidakharmonisan hubungan antar elemen didalam struktur pasar menyebabkan mekanisme pasar menjadi tidak sempurna. Struktur pasar menentukan perilaku industri, Perilaku industri menentukan kinerja. Misalya segala usaha penjualan pesaing akan meningkatkan output perusahaan pesaing sehingga pada gilirannya akan meningkatkan keuntungan perusahaan tersebut.

daftar pustaka :

Hilter, Ken.2002. The Economics of Industries and firms. Pearson Education.

Lipczinky, John, John Wilson & John Goddard.2005. Industrial                        Organitation  : Analysis of Competition Market. Second edition.Pearson Eduation

Teguh, Muhammad.2010.Ekonomi Industri.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada



Belum Ada Tanggapan to “Structur Conduct Performance (SCP)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: