Candlelabra’s Blog
Just another WordPress.com weblog

Cara merefill tinta Printer terutama HP

Saya cuma mau sharing apa yang baru saya alami,

pernahkan anda bertanya kenapa banyak orang merogoh gocek dari 100rb-200rb untuk memindahkan tintanya diluar?? Mungkin bagi anda yang sudah paham, tahu jawabannya. Pada mulanya saya sebagai orang awam menganggap bahwa memindah tinta diluar supaya lebih hemat, karena cc tintanya lebih besar. Itu sebagai salah satu alasannya tapi bukan alasan utama.

Setelah apa yang baru saya alami, saya sadar ternyata mengisi catridge ada tehniknya. Tidak sekedar menyuntiknya tinta ke dalam catridge. Cerita ini bermula ketika saya membeli printer bekas dari kakak kos saya. Printer yang saya beli adalah printer HP 3920 tahun 2003 memang cukup lama. Kakak kos saya mewanti-wanti saya untuk mengisi tintanya di veneta saja, dan jangan mencoba-coba untuk mengisi tintanya sendiri. alhasil kakak kos saya menggunakan printernya dan mengisi di veneta cadtridgenya tetap awet sampai sekarang. Saya menuruti kakak kos saya, hingga pada hari ini.

Saya semakin penasaran untuk mengisinya sendiri. Awalnya saya berfikir bahwa mengisi sendiri lebih hemat, walaupun saya sudah sering mendengar dari teman-teman saya mereka mengisi tinta sendiri cadtridgenya malah kering dan harus membeli lagi yang baru.

Sayapun membeli tinta HP seharga 21.500 disebuah toko, awalnya saya mengisinya dengan menyuntikkan saja. setelah saya coba untuk ngeprint, hasil cetakannya menjadi tidak sempurna tidak semua tinta tercetak. saya mulai panik, cadtridgenya saya angkat kemudian konektornya saya bersihkan. saya berfikir barang kali printer tidak maksimal karena konektornya kotor saya justru mengelapnya sampai bersih. alhasil saya mencoba mencetak lagi hasilnya tamah parag. tinta tidak muncul. dan di peringatkan komputer tertulis ink printer habis. padahal barusan saya isi. karena saya panik sayapun browsing pada sebuah blog http://articles-at.blogspot.com/2010/11/tips-cara-isi-ulang-tinta-cartridge.html

saya menyadari bahwa ternyata merefill tinta cadtridge tidak sembarangan dan ada tehniknya. Seperti bagian konektor harus dibersihkan sampai bersih tetapi bagian bawah harus dipastikan tinta keluar dengan lancar. Nah itu masalanya saya membersihkan cadtridge bagian bawah samapai bersih hingga tinta tidak keluar. saya panik tapi saya membaca ulasan artikel blog bagian terakhir tertulis.

Isi Ulang Catridge Lama
Caranya sama seperti di atas, hanya saja terkadang spon/bahan penyerap tinta yang ada di dalam cartridge sudah mengeras dan tidak mampu menyerap tinta
Untuk itu, sebelum diisi dengan tinta, cartridge sebaiknya disuntik dulu dengan air panas hingga kira2 spon/penyerap tinta di dalam cartridge melunak dan bisa menyerap tinta. * butuh beberapa waktu hingga tinta turun ke bawah

Maka saya yang panik, menyedot semua tinta dalam catridge saya keluarkan. kemudian saya merebus air panas. tinta yang sudah saya suntikan saya sedot keluar saya bersihkan dengan air panas. masih dalam situasi panik karena saking paniknya tinta menetes blepotan ke lantai. saya terpaksa harus mengepel sebelum tinta mengering kelaintai saat mengepel cadtridge saya rendam di air hangat. setelah itu dengan hati pasrah cadtridge saya lap dengan tisu basah. saya pasang kembali ke print. saya sudah pasrah kalau cadtridge rusak gara-gara ulah saya sendiri saya harus membeli cadtridge baru. Pada saat saya mencoba memprint lagi ternyata cadtridge sudah berfungsi normal kembali. saya kemudian lega dan sadar kenapa orang-orang tidak menyarankan untuk mengisi cadtridge sendiri tidak asal-asalan. karena ada tehniknya. dan kalau mau sekadar menyuntik tintanya mending tidak usah memakai cadtridge tetapi membeli tinta luar.

saya senang sekali walaupun tangan saya sekarang masih belepotan tinta.

Satu Tanggapan to “Cara merefill tinta Printer terutama HP”

  1. Info yang menarik mas…thanks


Tinggalkan Balasan

